" Air adalah sumber kehidupan "

15 October 2014

pH AIR OLAHAN RO / REVERSE OSMOSIS RENDAH

"Kenapa air RO ber-PH rendah?"

 Air yang telah di hasilkan dengan baik oleh system RO adalah air yang telah murni,sudah sering para pengguna RO dikejutkan dan sedikit gelisah mendapati bahwa air bersih mereka juga "acidic"(terlalu asam),yang berarti mempunyai pH rendah. pH netral di tetapkan sebagai 7.00, tetapi tipikal air RO menunjukkan pH antara 5.00 s/d 6.00.




  Skala pH yang di berikan, seperti skala Richter yang di berikan pada gempa bumi,ini berkaitan dengan hitungan logaritma,yang berarti air pH 5.00  sebenarnya 100x lebih asam dari air pH 7.00, tentunya terdengar sangat drastis, tetapi seharusnya kandungan air RO yang agak unik ini sesungguhnya tidak perlu menyebabkan ketakutan.


  Pertama, perlu dilihat pada dasar apa ukuran pada pH, pH adalah sebuah kadar relatif keasaman atau kadar alkali yang terlarut. Beberapa zat kimia, seperti ion hidrogen yang menurunkan pH suatu larutan, Ini benar-benar dipertimbangkan sebagai asam, Zat kimia lain seperti ion hidroxide, menaikkan pH sebuah larutan, semua itu disebut basa. .
  Banyak asam dan dasar berbeda yang mempengaruhi pH, tetapi untuk kejelasannya palimg mudah berpikir tentang hubungan ion hidrogen(H+) dan Hidroxide(OH-). Ketika air mempunyai ion hidrgen yang lebih banyak dari ion hydroxide, ia bersifat asam (pH <7). Dan sebaliknya di sebut basa (pH >7).

  Air seperti yang kita telah pelajari, di uraikan dengan formula cairan H2O,Jika anda dapat menguraikannya sekecil mungkin untuk dapat melihat molekulnya, anda melihat segelas air, anda akan melihat molekul air tidak se simple yang di uraikan dengan H2O, tetapi mereka selalu memisah dan menyatu kembali, H2O akan terpisah jadi dua bagian H+ dan H-, dan bergabung lagi. Didalam segelas air itu terdapat berjuta molekul air,semua berpisah dan bersatu kembali secara konstan. Jika air itu adalah air RO yang benar-benar murni,dan tidak memiliki kandungan kimia lain yang menghancurkan siklus ini, maka pH akan tetap normal.

  Karena di sini hanya terdapat molekul H2O, Jumlah ion H dan OH nya akan genap atau sama. Tidak akan terdapat ion H melebihi OH begitu pula sebaliknya, dan asam pada H+ akan "diatasi" dengan basa pada OH-, keseimbangan antara ion hidrogen dan hidroxide ini yang membuat sebuah larutan normal (tidak terlalu asam ataupun basa). Oleh karena itu, air yang benar-benar murni selalu normal karena tidak ada kandungan kimia lain yang mengganggu keseimbangan H/OH.

  Mengapa kemudian tes air RO mempunyai hasil pH yang rendah? Benar-benar murni berarti netral juga menjadi sensitif terhadap penambahan kandungan kimia lain. Dengan kata teknis, air RO sedikit atau tidak memiliki kapasitas untuk bertahan. Ini berarti penambahan asam yang sedikitpun akan berpengaruh besar pada pH.


  Pertimbangkan contoh ini,

 Seorang pria dengan penutup mata di tempatkan di sebuah ruangan .Kita mengatakan bahwa ia harus mengangkat tangan saat dia mendengar bayi menangis, jika ruangan itu sepi, bebas dari kontaminasi kebisingan yang lain, ketika bayi menangis, ia akan langsung mengangkat tangannya, tapi bagaimana jika ruangan itu di penuhi kawanan burung camar, beberapa pekerja bangunan dengan jackhammer, raungan sebuah mesin jet,group band heavy metal tahun 80'an, dan kebisingan yang lain dan kemudian bayi itu menangis, dia tidak akn dapat memperhatikannya.

  Ruangan kosong dan sepi seperti segelas air RO, biarpun sedikit kandungan asam (seorang bayi menangis) di tambahkan , perubahan akan sangat mudah terbentuk. Ruangan yang bising sama seperti air kran,penuh dengan kandungan garam dan mineral dan zat yang biasanya di temukan pada air, penambahan sesuatu pada dasarnya tidak terlalu diperhatikan.

  Biasanya, air kran yang tidak di olah bersifat mengandung beberapa chemical yang di tetapkan sebagai buffer. Ketika ion H+ di tambahkan pada air kran biasa, beberapa buffer tersebut menangkap ion H+ dan menyatu dengannya. Kemudian juga saat ion H+ telah ditambahkan, pH nya tidak akan berubah karena jumlah ion "free H+" didalam nya masih relatif sama dengan jumlah ion "free OH-.

  Membran Reverse Osmosis tidak menghilangkan gas pada air, seperti karbon dioksida dalam air, juga ketika air RO terkena udara, sedikit karbon dioksidanya akan mulai larut dalam air. Jadi kandungan alkalinitas air RO telah hilang dan keasaman yang di sebabkan oleh gas tertinggal di dalam nya.

  Kemudian, jika anda sekecil mungkin pada molekulnya, anda akan melihat apa yang terjadi? Anda akan melihat molekul karbon dioksidanya mengkombinasi dengan beberapa ion OH- pada air, ini
berarti di situ relatif terdapat lebih banyak "free H+, karena beberapa ion OH- nya telah "ditangkap" oleh karbon dioksida di dalam air, mempunyai lebih banyak "free H+" dari"free OH-" didalamnya seperti yang telah kita uraikan diatas tentang bagaimana sebuah larutan acidic, maka dari itu kenapa pH air RO bertipikal lebih rendah dari normal.

  Jika anda mendapati rendahnya pH air RO tidak perlu kuatir karena "keasaman" dalam air RO begitu lemah. Untuk dapat membuat air RO kembali netral, ini hanya perlu sedikit basa. Contohnya jika anda mempunyai segelas air RO dengan pH 5.00 dan anda menambahkan sedikit baking soda (basa) yang akan menetralisir sedikit asam di dalam air tersebut.

  Untuk seseorang yang kuatir akan efek pH rendah air RO pada tubuh, Saya tidak menganjurkan jalan untuk menambahkan baking soda untuk tiap gelas yang akan di minum. Sewaktu seseorang minum  air dengan pH rendah, air tersebut akan mengkombinasi dengan saliva/ludah dan kemudain dengan isi perut, ini akan terhenti secara alamiah (karena telah tercampur dengan saliva/ludah dan makanan yang telah dikunyah) dan air tadi tidak lagi mempunyai karakter pH yang unik yang diuraikan di atas. Apalagi pH dalam perut manusia sehat bertipikal lebih rendah dari 2.00. Yang nantinya air yang masuk ke dalam perutpun akan berubah menjadi asam juga.

  Keasaman merupakan hal yang perlu dalam kesehatan, Tanpa asam didalam perut kita, kita tidak akan dapat mencerna makanan dan kita akan rentan sakit karena asam dalam perut dapat membunuh beberapa bakteri dan hal lain yang kita cerna. Yang dapat mempengaruhi keseimbangan pH tubuh kita ketika kita meminum air RO pH rendah adalah jika kita meminum banyak sekali, dan tidak memakan apapun, dan terus menerus.

Terkecuali situasi yang demikian, meminum air RO pH rendah pada dasarnya tidak akan mempengaruhi pH tubuh kita.

36 comments :

  1. Terimakasih atas pencerahannya,informasi ini sangat berguna buat saya,sekali lagi terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Bagi saya info ini malah menyesatkan. Coba you cari tau kandungan air Zam Zam yang menyehatkan itu, 1000% ada kandungan mineralnya oomm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dibagian mana menyesatkan? mohon koreksinya kalo saya salah,

      Delete
  3. Terimakasih infonya, jadi tidak kuatir lagi memakai RO. Mohon info : adakah tambahan alat untuk menaikkan ph air ro yang disambungkan ke alat RO ? Kalau ada apa namanya dan berapa harganya?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menggunakan chemical penaik ph, dan ditambahkan dosing pump pada mesin RO.

      Delete
  4. yang bilang menyesatkan benar-benar gak faham...telmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mau belajar kita dukung, yang telmi kita hormati, betul ndak mas? hehehe

      Delete
  5. kondisi pencernaan yg ideal adalah asam, karena asam sendiri adalah zat yg memang diperlukan dalam proses mencerna makanan. saat air yg masuk terlalu basa, maka organ pencernaan akan berusaha mempertahankan keadaan normalnya (asam) dengan memproduksi secara ekstra zat asam dalam lambung. Inilah justru meminum minuman yg bersifat terlalu basa justru akan menjadi pencetus penyakit asam lambung.. karena saat anda terlambat meminum air yg sangat basa, sementara kapasitas produksi asam lambung anda meningkat karena air yg sangat basa yg biasa anda minum, maka kelebihan asam lambunglah yg akan anda alami. keadaan ini sama spt saat anda sering terlambat makan, bahkan akibatnya sedikit lebih parah. karena kenyataannya adalah level keasaman ideal dalam organ tubuh itu berbeda2. kandungan mineral dalam air minum itu penting, dengan catatan jumlahnya dibatasi. bagaimana mungkin anda akan memperoleh kesehatan optimal saat anda meminum air dengan kandungan padatan terlarut yg terlampau tinggi?? bagaimana dengan sistem kerja ginjal anda? bagaimana tumpukan mineral yg mengendap dalam ginjal anda karena meminum air dengan kandungan mineral berlebih, yaitu yang melebihi kemampuan dan kapasitas ginjal kita untuk melakukan detoksasi? air zam zam memiliki kandungan mineral yg sangat tinggi. maka air zam2 akan sangat baik diminum dalam jangka waktu pendek. saat kebutuhan mineral dalam tubuh telah terpenuhi oleh air zam zam, juga karena air zamzam sedikit lebih basa dari ph normal sehingga tidak berpengaruh secara signifikan pada lambung, maka air zam zam sangat baik diminum pada jangka yg pendek. maka formasi aman asupan mineral bagi tubuh adalah air minum dengan rendah mineral, dibantu dengan mengkonsumsi mineral alami dari buah2an. itulah komposisi asupan mineral yg paling baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. inilah jawaban mengapa kopi bisa mengakibatkan maag. hehehehe

      Delete
    2. Tapi orang Arab terutama zamannya nabi Ismail itu minumnya air zam2 tiap hari.
      Karena itu satu2nya sumber air yang Allah sediakan.

      Pada air zam2 ada misteri yang tidak bisa diungkap oleh sains.
      Lihat saja TDS nya tinggi bngt.

      Tapi dia tidak akan bikin sakit walau terus menerus diminum.
      Malah akan menjadi obat sesuai niat peminumnya.

      Delete
  6. air RO atau Reverse Osmosis memang sedang bumming dan memiliki segudang manfaat muali dari air minum, kecantikan dan lain-lain. tetapi anda perlu juga di lakukan pengetesan PH air yang anda di rumah anda. cara pengetesannya menggunakan Alat PH Meter Air berikut:
    1.pH Meter Air 009i
    2.pH Meter Air ATC 2011,
    3.pH Test kit,
    4.TDS Meter3,
    5.TDS & EC Meter,
    6.ORP Meter CT-6022


    Info lengkap kunjungi phmetermurah.com

    ReplyDelete
  7. Air zam-zam hanya bagus kalo dikonsumsi jangka pendek???... yang bener ah... itu orang arab kok minum nya air zam-zam seumur hidup kok malah sehat... air zam-zam itu air alkali alami nomer 1 didunia, kaya mineral, kaya H- dll, banyak menyembuhkan berbagai penyakit tuh.. saya gak sepaham dengan argumen anda bung...

    ReplyDelete
  8. Air zam-zam hanya bagus kalo dikonsumsi jangka pendek???... yang bener ah... itu orang arab kok minum nya air zam-zam seumur hidup kok malah sehat... air zam-zam itu air alkali alami nomer 1 didunia, kaya mineral, kaya H- dll, banyak menyembuhkan berbagai penyakit tuh.. saya gak sepaham dengan argumen anda bung...

    ReplyDelete
  9. Saya sarankan kalo pingin sehat insyaallah minum teratur air alkali setiap hari, krn air ini memberikan asupan mineral alkali yang bagus yang membantu tubuh untuk menjaga ph darah tetap alkali di kisaran 7.35-7.45,.. anda tahu jumlah mineral alkali tubuh sangat terbatas jika tubuh tidak bisa mencukupi mineral alkali dalam jangka lama maka yang terjadi adalah timbul nya berbagai penyakit degeneratif termasuk tumor dan kanker

    ReplyDelete
  10. Saya sarankan kalo pingin sehat insyaallah minum teratur air alkali setiap hari, krn air ini memberikan asupan mineral alkali yang bagus yang membantu tubuh untuk menjaga ph darah tetap alkali di kisaran 7.35-7.45,.. anda tahu jumlah mineral alkali tubuh sangat terbatas jika tubuh tidak bisa mencukupi mineral alkali dalam jangka lama maka yang terjadi adalah timbul nya berbagai penyakit degeneratif termasuk tumor dan kanker

    ReplyDelete
  11. masih bingung, air hasil RO.. Ph.5.5 Tds.016ppm, layak di konsumsi kah? thks

    ReplyDelete
  12. Mau tanya min sya pnya mesin r.o tpi knapa kadar ph nya bisa mncapai 4.1 apakah aman di konsumsi?
    Mohon pnjelasan nya

    ReplyDelete
  13. Mantab bung... lanjutkan. Jangan salah mengartikan air. Air memang sama "bentuknya" ttpi fungsi&kegunaan nya ditambah dgn pengolahan nya yg membuat berbeda. God job

    ReplyDelete
  14. air kran saya ph 4...setelah masuk RO jadi ph 5..aneh ny lagi..setelah saya masukan ke aquarium air RO tersebut ph nya naik jadi 8.0...

    ReplyDelete
  15. Sy punya mesin ro ph nya 5.0 setelah sy pakai ph booster hasilnya tdk berubah mohon penjelasanya, dan harus pakai alat apa? Agar ph nya bsa mencapai 7

    ReplyDelete
  16. Sy punya mesin ro ph nya 5.0 setelah sy pakai ph booster hasilnya tdk berubah mohon penjelasanya, dan harus pakai alat apa? Agar ph nya bsa mencapai 7

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Calcite saja..Made in USA... Rp 50K per 500gram... Hasilnya dijamin memuaskan...

      Delete
  17. Bung Roni,,,,, pH air alkali sebenarnya berapa siiih, Bang Roni menyebutka angka 7,35 -7,45 benarkah itu? berapa juga kebutuhan alkali dalam tubuh seperti yang bang roni kemukakan diatas karena bang Roni tidak menyebutkan angkanya

    ReplyDelete
  18. Om mau nanya. Kalo air anion kan pHny tinggi bisa ampe 10. Layak minum g. Kan air demin jg

    ReplyDelete
  19. Hasil air ro saya rsanny kok agak2 asam gitu ya di mulut, gmna ini solusinya ya min, mohon info,nya...

    ReplyDelete
  20. Air ro yg saya beli asam. Itu baik buat dikonsumsi atau gak?

    ReplyDelete
  21. Yang tidak paham masalah air berikut teknologinya maka tidak usah komentar macam- macaam, apalagi cara minum airnya tidak disiplin, artinya hanya minum air karena merknya saja. Orang pintar itu minum MERK, tetapi orang cerdas itu pasti minum air. Kalau ingin sehat maka yang paling pertama dan utama adalah harus bertanya setiap mau minum, sudah sehat ah air yang saya minum? Ukuran air minum sehat itu tentu air yang bisa meringankan kerja GINJAL. Tidak usah pintar bicara mineral MINERAL di air minum, karena mineral yang ada di air itu adalah mineral amir animasi yaitu mineral yang tidak dibutuhkan oleh tubuh alias mineral jahat yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

    ReplyDelete
  22. Turunnya pH di ro itu selain karena alasan air murni setelah keluaran ro sensitif thd zat asam apakah ada kaitannya dgn pori2 membran ro tdk ya? Saya kurang faham ph air bisa turun oleh membran ro. Mohon pencerahannya gan🙏🏻

    ReplyDelete