" Air adalah sumber kehidupan "

01 July 2015

Penyaringan Air Sederhana

Saat ini teknologi pengolahan air telah berkembang dengan pesat dengan penemuan-penemuan baru yang mengagumkan, berbagai teknologi baru bermunculan dari harga yang murah sampai dengan harga milyaran rupiah. namun sistem penyaringan air yang sederhana tetap menjadi pakem dasar beberapa vendor/supplier dalam hal penanganan air bersih.

Di tulisan ini saya akan memberikan contoh dasar penyaringan air yang sangat sederhana yang bisa anda implementasikan untuk keperluan rumah tangga dengan harga yang tentunya sangat terjangkau, penyaringan sederhana ini dapat dipakai untuk mengatasi air yang belum layak dipakai menjadi layak, ada dua jenis penyaringan sederhana yang akan saya ulas di sini yaitu :

1.Penyaringan air menggunakan media

*Buatlah penyaring dari tong atau ember plastik ukuran besar ( carilah bahan yang tidak berkarat mis. stainless, palstik, FTPE) dan disesuaikan dengan kapasitas yang diinginkan, bikin keran di bagian samping bawah tong (kira-kira jarak 10cm dari dasar tong)



*Isilah Tong dengan susuna sebagai berikut :

-Zeolit :dilapisan paling bawah tong, zeolit berfungsi sebagai penyerap sisa kotoran dan sebagai penyegar air, kemudin lapisi dengan wiremesh, screen atau yang paling murah adalah ijuk

-Carbon aktif : dilapisan setelah Zeolit isi dengan arang aktif yang berfungsi sebagai penyerap rasa, bau dan warna, kemudian lapisi lagi dengan wiremesh, screen atau yang paling murah adalah ijuk

-Pasir aktif : yang terakhir isilah bagian paling atas dengan Pasir aktif, yang bisa mengikat Fe dan Mg

*Aliran air di kuncurkan biasa dari atas dan hasil bisa didapat dari keran yang ada di samping bawah tong.

lebih jelasnya lihat gambar



2.Penyaringan menggunakan bahan kimia

*Gunakan bak penampungan dari fiber, stainless, beton atau dari FTPE, bikin dua lubang keran satunya didasar bak, dan satunya lebih naik kira-kira 20cm (lihat gambar)

*Masukan air ke bak kemudian endapkan dengan bahan kimia sebagai berikut :

- Tawas bening dengan dosis 40ppm atau 40gram dalam 1000liter air (perhitungan ppm akan saya jelaskan dilain kesempatan)
- PAC ( Poly Alumunium Chloride ) 30 ppm atau 30gram dalam 1000liter air

*Sebaiknya air kotor ditest dulu pH atau kadar keasamannya agar bisa menentukan bahan apa yang efektif untuk mengendapkan air tersebut, jika terlalu asam bisa menambahkan dengan air kapur ( Calcium Oxide ) untuk menetralkannya

*Gunakan kaporit untuk membunuh kuman dengan dosis di kisaran 3ppm s/d 7ppm atau 3-7gram dalam 1000liter air

*jika anda ingin mengurangi ion besi atau ion mangaan anda bisa menggunakan citric acid atau AC Citrium (Citroen) namun untuk penjernihannya gunakanlah tawas, sebab dari pengalaman PAC tidak bisa efektif bekerja jika keadaan air asam.

lebih jelasnya lihat gambar berikut :


Bagaimana? mudah bukan untuk mengolah air yang akan anda pergunakan, semoga bermanfaat bagi anda dan lingkungan sekitar anda. ( Sadewo )

No comments :

Post a Comment