" Air adalah sumber kehidupan "

02 November 2014

CARA MURAH MENGATASI AIR BERWARNA KUNING DAN BERBAU

Anda mungkin pernah mengalami masalah air sumur berwarna kuning, kecoklatan dan bau, hal ini disebabkan oleh berbagai macam kemungkinan semisal kandungan besi yang sangat tinggi, sumber air dibuat dibekas lahan yang mempunyai kadar organik tinggi (bekas pembuangan sampah, rawa, lahan gambut dll) sampai karena kadar besi (fe) dan mangaan (mn)  yang tinggi.
masalah air yang berwarna dan berbau ini sebenarnya bisa anda atasi dengan cara yang sederhana dan relatif murah, bagi industri kecil mungkin ini bisa mengurangi cost pengeluaran dan untuk dipakai di rumah tangga tidak akan memberatkan uang belanja.
beberapa cara mengatasinya antara lain :


 
1. saringan terbuka
buat bak dari beton atau bisa juga memanfaatkan gentong besar, kemudian pada bak pertama isi dengan susunan media sebagai berikut:
- batu kerikil dengan diameter rerata 8cm
-pecahan genteng dengan lebar rerata 4cm
-arang batok kelapa ( bisa buat sendiri atau beli di tukang arang)
-ijuk (dapat dibeli di toko kelontong dengan harga murah)
kemudian buat lubang di bawah bak yang berguna sebagai keluaran air bersih,  untuk ukuran anda bisa menyesuaikan dengan berapa liter kapasitas air yang anda inginkan.  (lihat gambar)

2.Tawas
tawas dalam bahasa teknisnya adalah alumunium sulfat, Cara kerja tawas adalah dengan menyerap kotoran-kotoran yang ada di sekelilingnya, kemudian mengendapkannya. Tawas biasa dijual di toko-toko bangunan berupa bebatuan kecil.
caranya anda bisa membuat bak penampungan atau langsung menaburkan kedalam sumur.
-jika anda ingin menggunakan dengan cara membuat bak penampungan anda harus mencairkan terlebih dahulu tawas dengan mencampur air, kemudian masukan larutan tawas kedalam ember atau botol bekas air mineral beri lubang kecil agar tawas bisa menetes kedalam bak penampungan (sesuaikan lubang dengan kapasitas aliran yang anda inginkan).  kemudian buat lubang di atas bak penampungan sebagai jalur keluaran air bersih.
-menaburkan tawas kedalam sumur, haluskan tawas terlebih dahulu kemudian sebarkan kedalam aumur anda, tunggu sampai beberapa jam dan lihat hasilnya, semakin dalam sumur anda maka tawas yang dibutuhkan semakin banyak juga. 

3.menanam ijuk pada sumur
buatlah rangkaian ijuk pada membentuk lingkaran sesuai diameter sumur kemudian tanam ijuk kedalam sumur dan tumpangi pemberat pada atasnya agar ijuk tidak mengambang. 

4.membuat filter karbon, zeolit, mangaanese, ferolite
siapkan pipa paralon diameter 4 inch, panjang 1mtr dan dopnya kemudian lubangi pada sisi kiri dan kanan dan sambungkan keluaran pompa pada satu lubangnya.
zeolite/mangaanese/ferolite dapat dibeli di toko alat-alat water treatment,
bungkus media dengan kain mesh kemudian masukkan kedalam pipa dengan perbandingan 1/2mtr ada media dan 1/2mtr kosong, lalu tutup paralon dengan dop yang sudah dilubangi pada sisi satunya.
nyalakan pompa dan lihat hasilnya. 

5.Bak Over Flow
 buatlah tiga bak dengan level berbeda, yang nomor satu yang tertinggi dan nomor tiga yang terendah, buat jalur agar air meluber secara perlahan dari bak 1 sampai bak 3, cara ini sebenarnya hanya memperlama proses aliran air dari outlet pompa ke outlet user. (lihat gambar)b


 
cara-cara di atas dapat dilakukan se ndiri dengan harga yang relatif murah.
semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (watso)

50 comments :

  1. good job,dan sangat bermanfaat
    salam sukses dari tukang air

    ReplyDelete
  2. saya kerja di wtp
    untuk kemarau ini saya sulit sekali mendapatkan hasil dari yg lalu, untuk keadaan sekarang air baku berwarna hijau karna adanya lumut di aliran sungai, saat di olah seperti biasa turbidity naik menjadi 0.5 ntu, berwarna agak kuning padahal sebelum kemarau ini saya olah turbiditynya 0.2 ntu dan warna jernih. yg menjadi permasalahan warna, kenapa warnanya kuning ? mohon di balas ya 12.dwiyudha@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Pak, apakah air bapak berbau setelah berubah warna?

      Delete
  3. Air saya dari sumur, berbau dan berubah kekuningan. Tapi kadar besi hanya 0.3ppm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air sumur bor saya sudah saya saring dan sangatjernih.tp setelah direbus menjadi berwarna kuning..masalahnya dimana ya..mohon bantuannya...trims🙏

      Delete
  4. Anonymous...berapa nilai DH, TDS dan PTCO sebelum dan sesudah diolah berapa? Apa jenis bahan kimia yg digunakan? Saya juga kerja di WTP

    ReplyDelete
  5. air sumur bor saya setelah disaring getah sama minyak nya hilang tapi setelah dimasukkan ke ember rada kuning....di gelas air bening....caranya gmana gan biar cling seperti air hujan

    ReplyDelete
  6. Saya bermasalah dg sumur bor saya pak. Sumur pertama, air yg keluar bening tp setelah didiamkan menjadi kuning,berminyak, bau besi menyengat, jika campur teh maka air menjadi hitam.setelah pemakaian 3th tidak ada perubahan, akhirnya sya buat sumur bor kedua. Baru 2minggu ini, air yang keluar bening.tp setelah didiamkan jadi agak kuning tapi tidak berminyak, jika dicampur teh tidak merubah warna teh. Apakah sumur kedua saya ini bisa bening jika dipakai terus menerus, atau harus ditreatment ya pak? Mohon bantuan solusinya.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalaman biasanya sumur baru dibuang secara terus menerus awalnya, kalau bau besi masih ada harus pakai multi media filter

      Delete
    2. Sumur bor saya kasusnya sama seperti bp di atas,wrnanya tdk trlalu bening. Apabila didiamkan berminyak. Baru sekitar 5 hari saya ngebor. Mhn solusi
      nya

      Delete
    3. Air sumur jetpump saya juga sama pertama air keluar bening, beberapa saat berubah kuning banyak pasir dan berminyak. Mohon solusinya. Kalau saya bor baru, apa mungkin menjamin air nya bersih. Takutnya kalau sama aja. Saya tekor d ongkos...

      Delete
  7. saya bermasalah dengan air sumur bor saya, airnya keluar dari keran bening tapi bau besi,berkarat dan keset di tangan..kalau di diamkan di ember 1 hari saja agak kekuningan..bagaimana solusi nya..kalau yg sederhana bagaimana dan kalau pake multi media filter seperti apa..terimakasih

    ReplyDelete
  8. saya bermasalah dg air sumur, airnya berwarna dan bau, setelah itu saya sudah pakai tawas sama kapur aktif tp malah airnya warnanya lbh putih dan airnya baunya berubah
    adakah saran?

    ReplyDelete
  9. Air sumur saya jernih sebentar pak. kalau diendapkan muncul minyak dipermukaan air. dan lantai, pakaian serta piring/gelas menjadi kuning. sumur saya dangkal sekitar 4,5 meter. tapi mata airnya besar. bagaimana caranya supaya sy mendapatkan air yg jernih serta tdk berminyak atau meninggalkan noda kuning? terima kasih attensinya...

    ReplyDelete
  10. Pagi. Gan saya ada kendala dengan air di kamar mandi dan sumber nya dari sumur.
    Awal pengisian di bak mandi emang jernih tapi setelah 1 hari berubah warna kuning dan beberapa hari nya keluar kotoran kotoran hitam seperti lumut.
    Mohon solusi nya gan.

    ReplyDelete
  11. saya bermasalah dengan air sumur bor saya pak, air nya keluar bersih jernih tepi setelah di diamin 1 jam berminyak dan berubah kuning apa lagi di diamin 1 malam kuat kuningya dan berkarat dan berminyak setlah 3 hari di didiamin karat nya mengendap dan atas nya berminyak tp airnya agak lumayan bersih. sumur bornya kedalaman 80 meter.

    ReplyDelete
  12. Saya punya keluhan nih pak, saya udah bikin sumur 2 kali, dan itu sama aja airnya, pertama keluar dari keran warnanya jernih tapi lama kelamaan malah berubah warna kuning dan atasnya kaya ada minyaknya gitu, caranya gimana ya ? Padahal udah pake tawas banyak banget. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  13. Sudah hampir setahun sya menggunakan air hasil saringan yang sya buat sendiri. Airnya memang jernih seprti air hujan. Tapi jika terlalu lama misim panas atau sebaliknya sering sering hujan kualitasi air jernih berubah. Saat air disaring jernih tapi setelah didiamkan beberapa menit air berubah warna seperti teh susu. Pusing saya mengatasi hal ini gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saringannya pakai apa gan? Sdh memakai saringan yg bisa mengikat logam larut belum?

      Delete
  14. Tenkz amin bermanfaat pak... Sukses

    ReplyDelete
  15. Air sumur saya tidak pernah mengalami masalah sebelumnya, sampai pada sekitar 15 hari yang lalu kami mengurasnya. Setelah dikuras (bahkan kami sampai dua kali menguras) air sumur tidak kunjung jernih seperti sebelumnya, dan bahkan bau besi yang cukup kuat.
    Note: pada pengurasan kedua, kami meletakkan arang kelapa pada dasar sumur agar bisa menyerap baunya. Mohon bantuannya, apa yang harus kami lakukan sekarang?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. Solusinya pakai penjernih gan, bisa dibeli kok, daripada harus ngebor lagi, pasti hasilnya sama aja, krn daerahnya emang gitu

    ReplyDelete
  17. Saya bermasalah dengan air sumur saya warna kining dan kadang bau lumpur sudah pakai tawas dan florin tapi ga ada hasil,,mohon sarannya ya

    ReplyDelete
  18. Saya bermasalah dengan air sumur bor sy sudah hampir 11 hari dikuras airnya lumayan bening tetapi bila didiamkan beberapa jam menjadi berubah jadi kuning dan berminyak apa solusinya ya??

    ReplyDelete
  19. Air sumur saya kuning n bermyak, stlah saya saring, jernih tp lama lama airnya berubah jd kuning apna lg klau langsung dmasak lngsng berubah jd kuning, tlng bantuanya

    ReplyDelete
  20. selamat siang dirumah saya pasang watertreatment pakai pasir,zeolit dicampur,carbon aktif dan resin kation kenapa hasil airnya kok kuning ya harusnya bersih jernih bebas kapur ya

    ReplyDelete
  21. mohon jawabanya ,wtp baru dipasang 3 harian sebelum di treatment air bersih cuma bau tapi setelah ditretment gak bau tapi kok kuning ya mohon solusinya

    ReplyDelete
  22. kalau saya lihat post teman di si keluhan sama dgn saya apa memang sumur bor itu kebanyakan masaalah ny begitu terus jalan keluar ny blm ada

    ReplyDelete
  23. sama saya punya kasus yg sama saya membuat sumur bor buat kebutuhan masjid sdh satu bln ini dikuras terus tapi bau besi dan warna kuningnya blm hilang adakah sudaraku mau membantu memberikan solusi yg mudah dan murah ?

    ReplyDelete
  24. mau tanya kalau semua media tadi langsung di masukan ke dalam paralon / casing adakah yg sudah mencoba bagaimana hasilnya ?

    ReplyDelete
  25. Gan mau tanya:sumur saya swbel digali bagus jernih tapi karena kemarau panjang saya berinisiatip di gali,hasil penggalian sumur eh airnya malah kuning dan bau padahal sebelumnya tidak kuning dan bau mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  26. Sumur bor saya kuning bahkan keruh campur lumpur.
    Ada yang bisa ngasih solusi

    ReplyDelete
  27. Cara menghilangkan air kuning dan minyak di sawah

    ReplyDelete
  28. Ini saya berbagi pengalaman kami ya.. awal sumur kami kedalaman 4-5mtr karena bau besi dan setelah diendapkan sehari pada ember jadi hitam2 kami mencoba mendalamkan kedalaman sumur kami pada ahli sumur dengan digali 1mtr lagi dengan diberi cashing ditengah dipinggirkannya diberi ijuk,coral,pasir,serta batu bata. Airnya jernih tp stlh diendapkan ada gumpalan hitam2 gitu mungkin dari ijuknya ya yg kurang bersih..tapi bagusnya baunya sih hilang. .. tapi setelah diperbaiki lagi didalmin lah jadi total 7mtrn dan pasir ditambah batu bata ditambah.tp ijuk diambil TDK dipakai lagi. air ya bening tp tdk sebening pke iju dan tdk ada gumpalan hitam tp air tetap ada baunya.. dan skrg kami mau ganti tmpt buat sumur bor. Sekalian mau kami dalamin.. semogaa hasil nya lebih baik..

    ReplyDelete
  29. Minta solusi nya pak ini kita baru ngebor air untuk prmakaian srhari hari air yg fidapat bening tapi bila di kasih teh berubah hitam,apa solusi nya terima kasih

    ReplyDelete
  30. Ini pengalaman pribadi ya gan? Saya beli rumah di perumahan .biasa pake sumur bor .ngebornya sih dalam tapi pipa yg di pasang cuma 8 meter alias 2 paralon saja .jadi air di rumah saya xlo baru di isi jernih tapi setelah didiamkan sebentar jadi kuning berminyak dan bau. Kondisi air tersebut sangat mengganggu krna kmar mandi jadi cpt kontor ,baju jadi kuning semua.dan sudah berbagai cara saya lakukan dan hasilnya nihil.dan tiba akhirnya saya bertemu dg orang tua yg ahli sumur.dia bilang sumur xmu itu belum sampai sumbernya.air yg selama ini di sedot itu bukan air dasar.biar pun sumurmu dalam tapi pipa yg masuk cuma 8meter.brati air yg xm sedot air resapan dari got dan lain2.xlo mau jernih sampai air sumber nge borlah paling tidak 6paralon 3" atau sekitar 24meter. Masukan paralon semuanya hingga kedasar agar air yg di hasilkan dari sumber.xlo kurang pham silahkan chat saja

    ReplyDelete
  31. di rumah saya juga sudah 3 bulan air nya kuning, padahal sudah di bor dengan kedalaman 24m apa masih kurang dalam ya?
    selama itu saya pakai filter manual, air jernih tidak bau, hanya saja air saringan nya sangat kecill butuh waktu berjam2 supaya penuh.. bagaimana sulusinya

    ReplyDelete
  32. Di rmh sumur bor sy sdh digali +/- 18 mtr an. Tapi air begitu nyalakan kran jernih dan bau sedikit, tapi begitu kita tampung di ember warna putih 2 - 3 jam bahkan semalaman jadi kuning, keruh, hitam ada pasir halusnya. Membuat perabotan seperti berdebu dan meningalkan bercak kuning. Toren juga cepat kotor berpasir halus, air kuning dan bau + berlumut pula. Bosen bersihin torennya. 1. Kenapa ya kok airnya kuning, bau, ada kotoran hitamnya 2. Bagaimana solusinya padahal sumur bor sdh didalemin dr 12 meter jd 16 mtr ? 3. Apakah perlu sy pindah gali pindah tempat lagi seperti dr awal ? Terima kasih untuk bantuan solusinya.

    ReplyDelete
  33. Masalah pada sumur saya sama dg diatas..sudah saya saring airnya jernih tp msh agk sedikit bau..kira2..bahan apa yg harus sya tambahkan lg..

    ReplyDelete
  34. Warna air sumur kami jernih tapi sudah setahun ini menimbulkan hitam pada lantai dan dinding/bak.Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Karena malu juga bila ada tamu numpang kamar mandi, lantai dan bak nya berwarna hitam.
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah terkena pencemaran hasil pembuangan sebelumnya, sperti limbah cuci piring, cuci pakaian dll,. jika hasil buangnya dekat sama sumur biasanya seperti itu,.

      Delete
  35. rumah kami di ketinggian,jarak antar rumah lumayan jauh dan berjarak apa mungkin hasil sumur bor yang berbau krn limbah pencemaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah dekat dengan industri? bisa saja memang kadar besi dan mangan nya tinggi

      Delete