" Air adalah sumber kehidupan "

25 November 2009

WATER TREATMENT PLANT UNTUK AIR BERSIH

1. DEFINISI

Water Treatment Plant adalah sebuah system yang difungsikan untuk mengolah air dari kualitas air baku (influent) yang kurang bagus agar mendapatkan kualitas air pengolahan (effluent) standart yang di inginkan/ditentukan atau siap untuk di konsumsi.

2. PARAMETER

Parameter Fisik:

Parameter fisik air biasanya di lihat dari unsur yang berhubungan dengan indra manusia seperti penglihatan, sentuhan, rasa dan penciuman, yang meliputi Turbidity (kekeruhan), warna, bau, rasa dan suhu. Sistem pengolahan yang biasa di gunakan adalah Sistem Sedimentasi (Pengenda-pan), Filtrasi dan penambahan desinfektan.

Jika dilihat dari jenis senyawanya di bagi menjadi 2(dua) yaitu:


1. Parameter Kimia

Senyawa kimia yang sering di temukan pada air adalah Fe, Mn, Ca, Mg, Na, SO4, CO3. Jika air memiliki kandungan senyawa kimia yang berlebihan (tidak masuk standart konsumsi yang aman), Pengolahan dapat dilakukan dengan sistem filtrasi dengan menggunakan media tertentu misalnya system Reverse Osmosis atau Demineralier dan Softener.

2. Parameter Biologi

Parameternya dilihat berdasarkan adanya mikroorganisme yang ada di dalam air. Bila jumlah mikro-organisme di dalam air berlebihan biasanya akan mengganggu kesehatan bila di konsumsi. Pengola-han dapat dilakukan dengan menggunakan desinfektan atau alat yang biasa digunakan, misalnya in-jeksi Chlor, System UV dan System Ozone (O3).


3. UNIT

A. Sand Filter

Sistem filtrasi ini menggunakan media pasir silica yang di tumpuk di atas gravel, system sand fil-ter berfumgsi sebagai penyaring/menghilangkan kotoran yang kasat mata (mis: kekeruhan, lumut dll.) yang mempunyai daya saring 20-30μ (tergantung brand/jenis media).
Biasanya media ini mempunyai umur 3-4 tahun (tergantung influent).

Maintenance
1. Backwash
Backwash adalah pencucian yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang terakumulasi di atas media dengan metode aliran terbalik (dari bawah ke atas/kebalikan system running). Air ha-sil backwash langsung di buang melalui drain.
Backwash biasanya di lakukan setiap 1-2 hari selama 30-60 menit(tergantung influent dan ting-kat kekotoran media) bila tekanan air yang keluar lebih rendah dari tekanan air yang masuk fil-ter.
2. Sanitasi
Dilakukan setiap bulan atau saat hasil analisa mikro tidak masuk standart yang di tentukan.
Sanitasi dilakukan dengan cara memasukkan bahan sanitasi (mis: oxonia dll.) kedalam tangki dan di rendam bersama media dengan jumlah dan waktu yang telah di tentukan. Selain itu sani-tasi bisa juga di lakukan dengan cara merendam media dengan air ber suhu di atas 80° Celcius selama 1-2 jam.
3. Rinse/Pembilasan
Dilakukan setelah proses backwash atau sanitasi selesai yang bertujuan untuk membilas kotoran-kotoran yang tersisa pada proses backwash juga menghilangkan sisa bahan sanitasi yang tersisa pada proses sanitasi.Air hasil Rinse langsung di buang melalui drain.

B. Karbon Aktif Filter

Sistem filtrasi ini menggunakan media arang, yang saat ini banyak di gunakan adalah arang ba-tubara dan batok kelapa, system ini berfungsi sebagai bau, warna, bahan organic termasuk sisa chlor.
Biasanya Karbon aktif bisa bertahan sampai 1-2 tahun (tergantung influent).

Maintenance
1. Backwash
Dilakukan setiap 1-2 hari tergantung tingkat kekotoran atau pada saat media jenuh(tidak mampu menyaring sisa chlor).
2. Sanitasi
Dilakukan setiap bulan atau hasil analisa mikro tidak masuk standart yang di tentukan.
Biasanya di rendam air dengan suhu diatas 80º Celcius (autoclave) selama 2 jam.Juga dalam ka-sus tertentu dapat di rendam dengan bahan sanitasi selama 30 menit untuk sanitasi (penting!: karbon aktif tidak di anjurkan di rendam bahan sanitasi terlalu lama juga terlalu sering).
3. Rinse/Pembilasan
Dilakukan setelah proses backwash atau sanitasi selesai.


C. Softener (Jika memakai system softener)

Sistem filtrasi ini menggunakan media resin kation yang di aktifkan menggunakan garam, sys-tem ini berfungsi menghilangkan kesadahan (Ca dan Mg).
Umur media mencapai 10-12 bulan (tergantung influent).

Maintenance
1. Backwash
Dilakukan sebelum melakukan regenerasi.
2. Regenerasi
Dilakukan pada saat media telah jenuh (tidak mampu menurunkan kesadahan) dengan cara mer-endam/mengaliri media dengan larutan garam.
3. Sanitasi
Dilakukan dengan cara mengaliri media dengan larutan chlor konsentrasi rendah (0,1-0,2 ppm) selama beberapa menit (1-2 menit).
4. Rinse/Pembilasan
Dilakukan setelah 3 ( tiga) proses diatas selesai.


D. Kation (Jika memakai system Demineralizer)
Sistem filtrasi ini memakai media resin kation yang di aktifkan menggunakan larutan Hcl yang berfungsi menurunkan total alkalinitas, kesadahan.
Sebagai catatan sistem ini juga menurunkan pH air yang diproses (<4) Umur media mencapai 10– 12 bulan (tergantung influent). Maintenance 1. Backwash Dilakukan sebelum proses regenerasi 2. Regenerasi Proses ini dilakukan apabila resin kation sudah jenuh, ini bisa di tandai dengan melihat salah satu parameter air effluent tidak masuk standart (mis: pH naik (>4), alkalinity dan kesadahan tinggi (nilai influent mendekati effluent)).
3. Sanitasi
Dilakukan bila hasil analisa mikro tidak masuk standart.
4. Pembilasan
Dilakukan setelah 3(tiga) proses diatas selesai.


E. Anion (Jika memakai system Demineralizer)
Sistem filtrasi ini memakai media resin anion yang di aktifkan menggunakan larutan NaoH yang berfungsi menurunkan total alkalinitas, kesadahan.
Sebagai catatan sistem ini juga menaikkan pH air yang diproses (>10).
Umur media mencapai 10– 12 bulan (tergantung influent).

Maintenance
1. Backwash
Dilakukan sebelum proses regenerasi
2. Regenerasi
Proses ini dilakukan apabila resin kation sudah jenuh, ini bisa di tandai dengan melihat salah satu parameter air effluent tidak masuk standart (mis: pH turun (<9), alkalinity dan kesadahan tinggi (nilai influent mendekati effluent)).
3. Sanitasi
Dilakukan bila hasil analisa mikro tidak masuk standart.
4. Pembilasan
Dilakukan setelah 3(tiga) proses diatas selesai.(kra)

72 comments :

  1. Thank You so much.. This article really helpful for me..

    ReplyDelete
  2. wahh,, makasih ilmunya ...

    ReplyDelete
  3. TIRTAYASA FILTERINDO adalah badan usaha resmi yang bergerak dalam bidang pengadaan peralatan pengelolaan air bersih dan pengelolaan air limbah serta perlengkapan industri lainnya - See more at: http://www.tirtayasafilterindo.com

    ReplyDelete
  4. WAHANA FILTERTECH adalah perusahaan penyedia peralatan, distributor dan kontraktor pengolahan air bersih (WTP) dan pengolahan limbah (WWTP/STP)

    ReplyDelete
  5. pak mau tanya. jika ingin meregenerasi softener, media kami menggunakan NaCL. berapa konsentrasi NaCl yang digunakan untuk regenerasi softener. Terima Kasih Banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari kadar air yang anda olah pak, sebenarnya tidak ada standart baku untuk konsentrasi NaCl / Garam Non Yodium pada regenerasi softener, akan tetapi yang banyak di gunakan biasanya 6% s/d 25%, perhitungannya adalah, jika kapasitas tangki regenerasi softener anda semisal 1000ltr jika kita memakai perhitungan 10%, maka kita perlu melarutkan 100ltr ( bisa dikonversikan ke Kg ) NaCl kedalam 1000ltr air, atau bisa juga memakai perhitungan 0,1 - 0,4 kg/liter artinya 1liter resin diperlukan 0,1-0,4 kg NaCl untuk dapat meregenerasi secara optimal, semoga dapat membantu pak.

      Silahkan Add BBM saya untuk konsultasi cepat, dan gratis, saya membagi ilmu seperti halnya Tuhan membagi gratis ilmu kepada saya

      Delete
    2. Kami menyediakan garam utk water treatment dg kapasitas besar.. CP 081229205050.. pin 7FA9551B.. trmksh

      Delete
    3. Kami menyediakan garam utk water treatment dg kapasitas besar.. CP 081229205050.. pin 7FA9551B.. trmksh

      Delete
    4. Kami menyediakan garam utk water treatment dg kapasitas besar.. CP 081229205050.. pin 7FA9551B.. trmksh

      Delete
  6. saya ingin bertanya,
    Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pengoperasian WTP dalam satu hari?

    ReplyDelete
  7. tergantung kebutuhan,pada dasarnya bisa beroperasi 24 jam, dengan melakukan backwash 2 jam,

    ReplyDelete
  8. Mas di WTP pH 7,5 tapi setelah melewati pipa distribusi kok pH bisa dibawah 7 bagaimana penjelasannya ya Mas?..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. System apa yang dipakai demin atau softener? piping menggunakan bahan apa? dititik mana terjadi penurunan apakah di tanki atau sampling valve jalur distribusi? sudah berapa lama terjadi? banyak kemungkinan bisa jadi kontaminan dari bahan pipa yang terkorosi atau oksidasi gas.

      Delete
    2. Di tempat saya malah terjadi sebaliknya, air sumur PH 7.3 tapi setelah melewati snad filter-carbon filter-softener menjadi PH 8.1 Sistem distribusi air menggunakan pipa PPR. Mohon penjelasan kenapa PH bisa naik?

      Delete
  9. Thxs a lot atas info dan penjelasannya. Mohon diberikan juga gambar sistem WTP

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa meminta secara pribadi untuk gambar systemnya, bisa via email atau contact yang sudah kami cantumkan di blog, hal ini untuk menghindari adanya penyalah gunaan dari orang yang tak diinginkan.

      Delete
  10. pak, kalau utk menyaring silikat dalam air demin bagaimana cara nya ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dilakukan destilasi, harusnya demin sudah bisa menyaring silica ( SiO2 )

      Delete
  11. pak kalo resinpada anion dan cation sudah umur 10 bulan apakah membpengaruhi pada conductifity ?


    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sering jenuh? jika iya berarti bisa jadi resinnya sudah minta ganti

      Delete
  12. matur suwun banget bagi-bagi ilmunya pak.

    ReplyDelete
  13. Halo pak puspito..masih update artiklenya kah...kami tunggu ulasan yang terbaru yah...salam kenal dari saya..http://www.apnsandfilter.com/jual-sand-filter-dan-carbon-filter/

    ReplyDelete
  14. Pak,saya ingin bertanya..untuk menentukan jumlah resin d cation dan anion it bgaimana pak ya..terima kasih..

    ReplyDelete
  15. halo pak ,kami tunggu ulasan artikel bermanfaatnya untuk kategori sand filter..:
    salam
    Jual Sand Filter
    Harga Sand Filter
    Jual Carbon Filter

    ReplyDelete
  16. pak saya ingin belajar banyak ttg wtp . mungkin saya bisa dpaat contact bapak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Add Pin atau Whatsapp saya di pojok kanan atas artikel, kita belajar sama-sama

      Delete
  17. Pak, mohon info. Untuk pemilihan softener menggunakan resin kation atau anion itu berdasarkan apa ya? Apakah bisa jika kita sama ratakan menggunakan resin kation tanpa melihat karakteristik sumber air baku nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari hasil akhir yang di inginkan pak, jika anda hanya menginginkan TH yang di turunkan pakai softener, jika alkalinity juga ikut diturunkan pakai kation dan anion

      Delete
  18. mas,di daerah saya kebutuhan air sangat di butuhkan untuk sementara pemerintah belum bisa menjamin ada nya pengolahan air untuk mememuhi kebutuan masyarakat,semoga diantara rekan-rekan ada yng berminat untuk kerjasama untuk membuka usaha pengolahan air bersih ini,sumber dan lokasi telah ada,mohon bisa oret-oret jika ada yang berminat.terima kasih

    ReplyDelete
  19. pak apa saja permasalahannya di water softener

    ReplyDelete
  20. Kami PT. SHANDJAYA TIRTA KENCANA menyediakan garam utk water treatment dg kapasitas besar.. CP 081229205050.. pin 7FA9551B.. trmksh

    ReplyDelete
  21. Makasih pakk ilmunya sangat bermanfaat bagi saya khususnya,, saya baru terjun dalam dunia operator di sebuah project,, syukran pak ilmunya,,

    ReplyDelete
  22. Pagi pak.

    Saya mau tanya. bagaimana metode untuk pengecekan Iodine number carbon aktif pak. Dan apabila iodine number suatu carbon aktif turun melebihi standar. apa bisa dilakukan regenerasi atau pengaktifan kembali. dan bagaimana metodenya.

    Terima kasih
    Sukses selalu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini untuk pengecekan nilai Iodine secara akurat harus dibawa ke Laboratorium independen, ada yang bilang pakai Multi Tester atau biasa disebut AVOmeter tapi tidak ada standar akurasi untuk metode ini, cara mengatasi Iodine turun dengan di autoclave, tetapi sekali lagi autoclave tidak membantu banyak, hanya memperpanjang umur beberpa persen saja

      Delete
  23. Hi...admin
    salm sejahtera
    sy mau konsultasi tentang wtp
    sy lg bekerja d bidang pengolahn air bersih.
    d tempt sy bekrja lg d bentuk kolam tadah hujan. Apakah kolam tersebut bisa d buat wtp?

    ReplyDelete
  24. Hi...admin
    salm sejahtera
    sy mau konsultasi tentang wtp
    sy lg bekerja d bidang pengolahn air bersih.
    d tempt sy bekrja lg d bentuk kolam tadah hujan. Apakah kolam tersebut bisa d buat wtp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Bu Intan, bisa bu tergantung apakah keadaan didaerah ibu masih minim polutan udaranya, sebab kadar air hujan disetiap daerah memang tergantung dari hal tersebut,

      Delete
  25. Dear Bu intan Fauziah

    Sumbang saran. Kebetulan ditempat saya juga menggunakan Air Hujan untuk pengolahan air bersih. sebelumnya sebaiknya di analisa dulu kandungan air hujan seperti mikro, Mineral, pH, dll apakah masih memenuhi standard SNI. karena kandungan air hujan di setiap tempat berbeda beda. tergantung dari kondisi lingkungan.

    ReplyDelete
  26. ARTIKELNYA SANGAT MEMBANTU, SANGAT BERTERIMAKASIH ATAS ILMU YANG DIBAGI, SANGAT BERGUNA BAGI SAYA :)

    ReplyDelete
  27. Kalo filter three ways, air masuk dari mana pak? Trus kluar dari mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dimaksud three ways bisa output 2 input 1 jalur, atau sebaliknya

      Delete
  28. Kalo filter three ways, air masuk dari mana pak? Trus kluar dari mana?

    ReplyDelete
  29. Thank you atas artikelnya,
    kami punya pertanyaan kalau larutan cairan sisa dari process produc dari air bersih, apakah masih bisa di proses lagi untuk diambil kandungan airnya (recycle), untuk meng optimalkan air yang masih ada dalam larutan cair ?
    Kalau bisa bagaimana dengan kandungan non air (padat) itu yang ada apakah akan mengendap?

    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda pakai Reverse Osmosis maka air reject bisa dipakai untuk toilet dll

      Delete
  30. Thank you atas artikelnya,
    kami punya pertanyaan kalau larutan cairan sisa dari process produc dari air bersih, apakah masih bisa di proses lagi untuk diambil kandungan airnya (recycle), untuk meng optimalkan air yang masih ada dalam larutan cair ?
    Kalau bisa bagaimana dengan kandungan non air (padat) itu yang ada apakah akan mengendap?

    thank you

    ReplyDelete
  31. saya tertarik dengan wtp ,, bolehkah saya wa bpk utk petunjuk saya

    ReplyDelete
  32. PT. KIMPO INDOTAMA menyediakan produk-produk ternama seperti LG Hoist, Samsung Hoist, UN Forklift, Iwata Genset, Tomori Refrigerating, Shigemitsu, Orion Drilling, Fujita Electric motor, EBARA Pump, SIHI Pump, ORINTAL KOSHIN, KEW Pump, CNP Pump, ROTOR Pump, FU-SHU Blower, ROTOR Blower, HUNG Pump, SIGMA Pump, LOWARA Pump, MILTON ROY Dosing Pump, OBL, NIKKISO Dosing Pump, ProMinent Dosing, CANTONI Electromotor, BALDOR, ROTOR, WEG Electromotor, SWAN Compressor, PUMA Compressor, AKSA Silent Genset, CUMMINS Generator Set, PERKINS Generator Set, TOMBO Rockwool, LAPPINUS, KMP Agitator, dll.

    ReplyDelete
  33. Our company supply PAC /water treatment chemicals .

    Whatsapp:+8613022786025

    ReplyDelete
  34. Agen Electric Actuator Schiebel Austria

    www.actuatorschiebel.blogspot.com
    www.supplierpltu.com

    ReplyDelete
  35. Perkenalkan kami dari PT Poly Stamino Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan air limbah industri dan domestik. Kami menyediakan enzim pengurai limbah lemak/minyak, industri, rumah sakit, domestik atau sewage, dan Septic Tank dengan merek BioWasteTM.



    BioWasteTM adalah Enzim Pengurai Limbah Cair (termasuk lemak dan minyak) berbentuk tepung (powder) dengan keunggulan antara lain sebagai berikut:

    • Dapat diaplikasikan pada semua tahap proses pengolahan limbah, termasuk tahap pre-treatment di Grease Trap, Sewage Water Plant (SWP) dan Kolam Ekualisasi.

    • Merupakan konsentrat dan mengandung jumlah CFU (Colony Forming Units) yang sangat tinggi (2-5 miliar bakteri/gram) dengan reactivation rate 95-98%

    • Mengandung bakteri strein fakultatif (dapat bekerja di kondisi aerob dan anaerob), kecuali jenis produk khusus bakteri anaerob

    • Mampu bekerja di pH 5-9, optimal di pH 7-8

    • Tahan terhadap suhu panas sampai 500C

    • Mampu bekerja di kondisi COD dan TDS yang tinggi

    • Mampu mengurai COD dan BOD sampai 95%

    • Tahan terhadap deterjen dan beban limbah yang berlebih (shockloading)

    • Cepat stabil dan mengurai limbah dengan sangat cepat dan efektif

    • Mampu dengan cepat menghilangkan bau busuk yang disebabkan oleh lemak, sewage maupun limbah organik lainnya

    • Mengurai lemak sehingga manjadi cair dan tidak lengket dalam waktu singkat

    • Mencegah pipa tersumbat dan kerusakan pompa

    • Mengurangi endapan lumpur

    • Dll.



    Varian produk BioWasteTM adalah sbb:

    1. BioWasteTM WWTP (untuk limbah rumah sakit dan limbah industri)

    2. BioWasteTM STP (untuk limbah domestik atau sewage)

    3. BioWasteTM FOG (untuk limbah lemak dan minyak, tanah yang terkontaminasi oli dan minyak)

    4. BioWasteTM Septic Tank (untuk limbah septic tank)

    5. BioWasteTM Pond Clarifier (untuk penjernih danau/kolam)

    6. BioWasteTM Anaerob (untuk limbah di tanki/kolam anaerob dan tabung biogas)



    Jenis kemasan: AlumInium Foil 1 kg dan 100 gr



    Untuk mengetahui lebih detail mengenai produk BioWasteTM, bersama ini kami lampirkan presentasi BioWasteTM.



    Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami di:
    Contac.
    M.Rizal
    Mobile/Wa. +62 815 1911 7239
    Telp. 021 29430770 atau email: marketing@polystamino.co.id

    ReplyDelete
  36. Kami PT. Jade wijaya mandiri. Importir koagulan PAC dan Ferric chloride liquid. Contact 087880800937

    ReplyDelete
  37. Perkenalkan saya Nursuci dari PT. Aquatech Indonesia, kami adalah perusahaan Distributor dan Importir yang bergerak di bidang WATER & WASTE TREATMENT.

    Produk apa saja kah yang kami dijual/disediakan?

    - FRP Tank tersedia dari ukuran 0844 sampai 6386 dengan pressure 7 bar / 100 Psi sampai 150 Psi kami sediakan, merk Pentair ex. USA, Visco ex. China dan Aqualine ex. China.

    - Brine tank & chemical tank
    - Media filter :
    - Karbon Aktif lokal & Import
    - Manganese lokal & Import
    - Sand Filter
    - Anthrasite

    - Media Ion Exchange Resin :
    - Dowex
    - Tulsion
    - Lewatit
    - Purolite
    - Resinex

    - Cartridge Filter dengan berbagai type & ukuran

    - Bag Filter & Housing Stainless Steel

    - Stainless Steel Tank 0844, 0948, 1054, 1354

    - UF Membrane 4" dan 8"

    - RO Membrane kapasitas 2000 & 10000 Gpd :
    - Filmtec ex. USA
    - CSM ex. Korea
    - Electric ex. China

    - Housing UF Membrane & RO Membrane

    - Instrument Meter :
    - Flow meter
    - TDS Meter
    - Conductivity
    - Resistivity

    - Dosing Pump :
    - LMI Milton Roy
    - Solenoid Pump Chempump
    – Chemtech Pulsafeeder
    - Ailipu
    - Roytonic

    Untuk informasi produk dan pemesanan hubungi 0812-9787-8086 (Nursuci Anggraini) / marketing.aquatech5@yahoo.com

    ReplyDelete
  38. Thanks for posting the useful information.
    BR instrumentation is best water flow meter Manufacturer Company in pune, India. We supply best quality of flow meter which include water flow meters, Digital water flow Meters.
    <a href="https://www.brinstrumentation.com/water-flow-meter.html >– Best quality water flow meters, Digital water flow meters, Water Flow Meter at Best Prices, STP water flow meters-BR instrumentation & Controls</a>

    ReplyDelete
  39. bagaimanakah cara membersihkan pasir silika yang sdah kotor oleh endapan lumpur di WTP, terima kasih pak?

    ReplyDelete
  40. Cara mengatasi presure naik keangka3.setiap backwash manual airnya selalu jernih(softener)

    ReplyDelete
  41. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,

    Tommy.k
    081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    ReplyDelete
  42. PT Deltapuro Indonesia menyediakan Sistem Water Softener mulai dari kapasitas 1 m3/jam sampai dengan 27 m3/jam

    ReplyDelete
  43. Bagaimana cara mengetahui apakah ada kebocoran plate / umbrela nozle di unit sandfilter ?

    ReplyDelete
  44. Menjual Chemical untuk cooling tower chiller Boiler evapko STP wwtp, bakteri,nutrisi flokulan dll untuk info lebih lanjut bisa menghubungi email tommy.transcal@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete